Foto Esai: Tembakau Cerutu Vorstenlanden, Klaten

 

Dalam perdagangan internasional, Indonesia masih menjadi penyuplai komoditas tembakau cerutu peringkat atas yang tak lagi diragukan. Keberadaan los juga tidak mungkin dilepaskan dari awal mula tumbuhnya perusahaan pada masa kolonial. Jika merujuk pada angka yang diolah Badan Pusat Statistik, tembakau Vorstenlanden tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Klaten, di mana Kecamatan Kebonarum menjadi pemasok terbesar Vorstenlanden. Dari 14 kecamatan tersebut, terdapat tiga pabrik tembakau cerutu Vorstenlanden yang produknya telah dipasarkan ke Eropa.

Vorstenlanden merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut daerah-daerah yang berada di bawah otoritas empat monarki (kerajaan dan kadipaten) asli Jawa pecahan Dinasti Mataram Islam, di antaranya Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Kadipaten Mangkunegaran, serta Kadipaten Pakualaman. Sedangkan dalam bahasa Belanda, Vorstenlanden berarti “tanah milik raja”.

Baca juga: Menjaga Vorstenlanden Setiap Malam

Meski musiman, lahan dan pabrik tembakau Vorstenlanden mampu menyerap ribuan tenaga kerja. Lebih dari 2000 tenaga kerja lokal yang dilibatkan dalam perdagangan tembakau cerutu Vorstenlanden.

****

Aroma harum begitu kuat tercium hingga menusuk hidung saat saya memasuki salah satu ruangnya. Dari ratusan pegawai yang terlibat, sekitar 95% adalah kaum perempuan. Para ibu yang datang dari berbagai kecamatan ini telah mengabdi panjang untuk popularitas Vorstenlanden, tembakau cerutu asal Klaten.

Catatan: Foto esai ini dibuat sebagai ringkasan dari hasil riset pribadi saya untuk mengenalkan Klaten dan tembakau Vorstenlanden. Anehnya, Klaten tak menggelari dirinya sebagai Negeri Tembakau seperti Temanggung, maupun Kota Tembakau seperti Jember. Tunggu artikel lengkapnya, ya! 

 

Dari ribuan pegawai, 80% adalah kaum perempuan.

Makan siang di jam istirahat

 

Comments

comments

One thought on “Foto Esai: Tembakau Cerutu Vorstenlanden, Klaten

Leave a Reply