Test Tour : Menyusuri Budaya Yogyakarta

Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata berbasis budaya mempunyai ragam potensi wisata budaya, baik tangible maupun intangible,  dari hal tersebut Dinas Pariwisata Provinsi DIY menyelenggarakan Test Tour Pariwisata Budaya dengan melibatkan stake holder bidang pariwisata, praktisi pariwisata, ASITA, HPI maupun jurnalis media cetak dan elektronik.  Test Tour kali ini peserta diajak mengunjungi destinasi berbasis budaya yang sudah cukup familiar serta sudah menjadi pilihan bagi wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Hari pertama Test Tour  mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kota Gedhe, serta  situs mataram di Plered.  Hari kedua Test Tour Pariwisata Budaya diawali dengan regristrasi peserta di kantor Dinas Pariwisata Provinsi DIY. Trip di hari kedua mengunjungi tiga destinasi pariwisata budaya yaitu Museum Ulen Sentalu di Kaliurang, Kabupaten Sleman, kemudian Desa Wisata Sentra Batik Wukirsari  Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul dan terakhir adalah Sanggar Tari Dalem Pujokusuman Kotamadya Yogyakarta.

Museum Seni Budaya Jawa Ullen Sentalu

Museum seni budaya Jawa terletak di kawasan wisata Kaliurang, museum ini milik yayasan blencong. Tema museum sebagai representasi seni budaya jawa menjadi komitmen pengelola maupun pemilik Ulen Sentalu. Walau arsitektural lebih banyak didominasi bangunan tropis modern, namun koleksi museum ini adalah benda-benda bersejarah dengan nilai estetis maupun historis tinggi. Koleksi museum dibagi menjadi empat bagian berdasar pada langgam kerajaan Mataram islam yaitu koleksi langgam Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, langgam Kasunanan Surakarta maupun Kadipaten Mangkunegara dan Pura Pakualaman. Sesuai tagline museum Ulen Sentalu sebagai museum seni budaya Jawa lebih spesifik lagi koleksi benda era kerajaan Mataram Islam, maka kita akan dapat banyak cerita sejarah maupun menyaksikan karya adiluhung dari empat kerajaan Mataram Islam.

Museum Ullen Sentalu

Mengunjungi Museum Ullen Sentalu bersama keluarga sangat tepat sekaligus menanamkan rasa cinta budaya lokal serta mengedukasi karakter atau kepribadian anak untuk menanamkan kebanggaan terhadap peradaban Nusantara. Selain nilai historis dan edukatif, pemandangan alam di sekitar museum Ullen Sentalu sangat sejuk, kita dapat menghirup udara segar pegunungan sambil menikmati panorama alam disekitarnya. Sesekali melintas elang jawa, satwa endemik Merapi yang menambah lengkap atraksi kunjungan ke Ullen Sentalu.

Desa Wisata Sentra Batik Wukir Sari

Perjalanan dilanjutkan dari Museum Ulen Sentalu ke Desa Wisata Wukirsari di Imogiri. Setelah ditetapkan sebagai desa wisata, akses dan fasilitas Wukirsari sebagai desa sentra pembuat batik tulis tradisi khas Yogyakarta mulai ditata dan ditingkatkan. Secara letak geografis Wukirsari sangat mudah untuk dijangkau, serta strategis menjadi pendukung wisata religi di komplek makam Raja-Raja Imogiri dikarenakan desa Wukirsari relatif dekat dengan kompleks makam Raja-Raja Imogiri. Setelah menikmati welcome drink, kami melanjutkan dengan sajian makan siang sambil menikmati proses membatik warna alam serta hasil karya para ibu-ibu anggota kelompok koperasi pengrajin batik. Batik di Wukirsari bukanlah hal baru, merupakan warisan produk budaya tradisi nenek moyang sejak mataram islam berkembang terutama di masa Kanjeng Sultan Agung menentukan kawasan Imogiri sebagai Komplek Makam Kerajaan Mataram Islam. Hasil dari tangan-tangan kreatif warga Wukirsari ini sudah menjadi koleksi pengunjung dari berbagai kota besar di Indonesia.

sumber : www.medogh.com

Dalem Pujokusuman

Setelah menikmati karya seni Batik Wukirsari sekaligus kuliner khas Imogiri, kami pun melanjutkan trip ke destinasi terakhir untuk hari kedua Test Tour Pariwisata Budaya. Memasuki dalem Pujokusuman wisatawan akan merasakan atmosfer lingkungan ningrat tradisi jawa dengan arsitektural khas keraton Mataram Ngayogyakarta Hadiningrat. Pendopo Dalem Pujokusuman adalah tempat konservatori tari klasik Yogyakarta sejak jaman GBPH Pujokusumo hingga saat ini diteruskan oleh yayasan keluarga. Atraksi seni tari klasik tradisi Yogyakarta disuguhkan oleh para anggota sanggar, ketekunan berlatih serta totalitas menjadikan gerakan para penari sangat ekspresif. Tiga repertoar disajikan ditutup dengan fragmen sendratari Ramayana. Letak Dalem Pujokusuman sangat strategis untuk dikunjungi wisatawan baik manca maupun nusantara sebagai sebuah situs living culture tentang kekayaan seni tari tradisi khas mataram Yogyakarta.

sumber : assweetasdream.blogspot.com

Teks  : Herman W. Karyanto, S.Sn

Comments

comments

insanwisata

Insanwisata merupakan portal website pariwisata berbasis digital ecosystem. Harus bisa menggunakan piranti mobile dan social network media untuk menangkap customer pengguna internet di dunia. Memberdayakan masyarakat (empowering) dan menumbuhkan partisipasi rakyat seluas-luasnya di dalam pembangunan kepariwisataan

Your Turn To Talk

Leave a Reply